Selamat Membaca Postingan pada Blog sederhana saya ini.. Silahkan tinggalkan komentar !

Sabtu, 24 Desember 2011

Apa itu keylogger ??

Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.


Keylogger dapat digunakan untuk kepentingan yang baik atau bahkan bisa digunakan untuk kepentingan yang jahat. Kepentingan yang baik antara lain untuk memantau produktivitas karyawan, untuk penegakan hukum dan pencarian bukti kejahatan. Kepentingan yang buruk antara lain pencurian data dan password.


Key logger banyak dipasang oleh hacker di warnet dan di tempat – tempat umum lainnya,
Sang hacker akan menginstal keylogger kedalam computer sehingga semua kegiatan dalam computer itu akan dicata dan dilaporkan ke email sang hacker, bahkan semua email dan password kita akan tercatat dalam laporan tersebut,

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul tentang perangkat lunak ini seperti :

Apa adalah perangkat lunak mata-mata?
Spy perangkat lunak adalah istilah umum untuk berbagai jenis program yang dirancang untuk memantau aktivitas pengguna pada komputer tertentu. Beberapa program dapat mengirim dikumpulkan data ke komputer lain melalui e-mail atau koneksi jaringan, lainnya hanya menulis ke file tersembunyi pada komputer yang sama.

Apakah ada perbedaan antara perangkat lunak mata-mata dan pemantauan perangkat lunak komputer?

IBoth nama-nama ini dapat digunakan untuk menggambarkan jenis program yang sama. Tetapi beberapa orang mengatakan bahwa perbedaan itu terletak pada kenyataan bahwa perangkat lunak mata-mata bekerja tanpa deteksi dan program kegiatan monitoring komputer memperingatkan pengguna bahwa aktivitasnya dimonitor. Tetapi perbatasan antara kedua jenis perangkat lunak yang sangat samar-samar.

Adalah perangkat lunak mata-mata ilegal?

Tidak, tidak ada ilegal tentang perangkat lunak mata-mata itu sendiri. Sebagian besar pengembang adalah orang-orang yang taat hukum mereka yang membuat program khusus untuk tujuan yang sah. Ada banyak situasi ketika memantau aktivitas komputer secara sempurna hukum: orang tua dapat menggunakan tombol penebang untuk melindungi anak-anak mereka dari pelecehan online, perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak Internet pemantauan untuk memastikan bahwa karyawan mereka tidak menyalahgunakan koneksi internet perusahaan dan sebagainya. Tentu saja beberapa orang dapat menggunakan perangkat lunak yang sama untuk mencuri password, nomor kartu kredit atau rahasia perusahaan. Namun, bahkan dalam situasi ini bukan perangkat lunak yang melanggar hukum, tetapi orang yang menggunakannya. Ada juga menggunakan yang tidak sepenuhnya ilegal, namun memiliki beberapa ambiguitas moral kepada mereka (misalnya, sebuah monitor aktivitas komputer dapat digunakan untuk menangkap dalam tindakan pasangan kecurangan).

Apakah saya melanggar hukum apapun dengan menggunakan monitor komputer aktivitas?

Tergantung pada cara Anda menggunakannya. Dalam kebanyakan kasus, Anda memiliki hak untuk menginstal program apapun pada komputer milik Anda. Anda juga memiliki hak untuk menginstal program pada komputer orang lain jika Anda punya izin mereka. Instalasi program monitoring pada komputer orang lain tanpa nya / izin melanggar hukum. Kami tidak akan mencoba untuk memberikan saran pada sisi hukum kegiatan pemantauan komputer karena semuanya tergantung pada situasi tertentu Anda. Jika Anda ragu, konsultasikan dengan pengacara Anda.

Dapat digunakan perangkat lunak mata-mata untuk tujuan yang sah?

# Ya, tentu. Berikut adalah beberapa contoh sempurna menggunakan hukum alat monitor komputer kegiatan. Anda dapat: Monitor aktivitas online anak-anak Anda untuk memastikan mereka tidak mengunjungi situs web porno atau tidak membuat kenalan meragukan.
# Pastikan tidak ada yang mengakses file pribadi Anda saat Anda jauh dari komputer.
# Lacak aktivitas pengguna berpengalaman 'untuk cepat menemukan masalah jika mereka merusak file sistem.
# Aktivitas komputer Monitor karyawan Anda untuk memastikan mereka benar-benar bekerja dan tidak melakukan apa pun yang mungkin menjadi sumber masalah hukum untuk Anda.
# Cari tahu apakah seseorang menggunakan komputer Anda selama Anda pergi.

Apa jenis aktivitas komputer dapat memantau perangkat lunak mata-mata?

Hampir semua. Hal ini dapat merekam keystrokes, membuat serangkaian screenshot, merekam suara, melacak mengunjungi situs Web dan meluncurkan program-program, membuat salinan email yang dikirim dan diterima, monitor yang film dan file suara diputar pada sistem, menyimpan file yang dibuka dan dilihat dan banyak lagi. Ada adalah program Swiss Army Knife-gaya mampu melakukan sebagian besar tugas-tugas dan ada alat yang lebih khusus yang memantau hanya jenis tertentu kegiatan komputer (misalnya penebang kunci yang digunakan untuk merekam semua tombol ditekan oleh pengguna).

Apakah saya memerlukan akses fisik ke komputer saya ingin menginstal sebuah memonitor aktivitas komputer?

Dalam kebanyakan kasus Anda perlu. Ada beberapa program yang bertindak agak seperti kuda Troya, namun sebagian besar alat monitor komputer kegiatan tidak dapat diinstal tanpa akses fisik ke komputer.

Pengguna dapat mengetahui bahwa ia sedang dipantau?

Hampir semua monitor komputer bekerja dalam modus diam-diam. Mereka tidak terlihat di daftar tugas, mereka tidak muncul dalam registri dan tidak ditampilkan di daerah startup standar. Bahkan pengguna yang sangat berpengalaman tidak akan dapat mendeteksi mereka, kecuali jika ia menggunakan perangkat lunak pendeteksi khusus.

Dan software key logger saat ini dapat dengan mudah di download di berbagai situs atau abnda denganmudah bisa menemukannya dengan mengetikankata kunci “ keylogger download “ pada mesin poencari sejenis google

dan salah satu software keylogger tercanggih adalah

PCPANDORA :

PC Pandora merupakan software keylogger yang dapat digunakan untuk mencatat aktivitas dalam penggunaan komputer mulai dari mencatat email-email yang dikirimkan, program-program yang dijalankan, aktivitas chatting dengan instant messenger, website-website yang dikunjungi, catatan penggunaan file (file tracking), aktivitas peer to peer (P2P), aktivitas pencarian melalui search engine, aktivitas user, penggunaan webcam, dan juga ketukan-ketukan keyboard (keystroke) yang dilakukan pada berbagai program, Selain itu, PC Pandora juga dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar (screeshot) setiap jangka waktu yang ditentukan. Pencatatan berbagai aktivitas tersebut dapat diatur agar pengguna pun tidak mengetahuinya.
Disamping sebagai keylogger program untuk merekam aktivitas pengguna komputer, PC Pandora juga dilengkapi fasilitas untuk memblokir program-program mana yang tidak boleh digunakan, alamat website mana yang tidak boleh diakses, dan juga aplikasi-aplikasi chatting dan instant messenger mana yang akan diblok penggunaannya.
Semua catatan aktivitas dan pengaturan tersebut nantinya akan dapat dilihat oleh administrator komputer yang sebelumnya melakukan instalasi PC Pandora dengan menggunakan shortcut key atau tombol kombinasi yang telah diatur serta password yang diset pada saat instalasi. Untuk hasil pencatan aktivitas, dapat pula diatur agar secara otomatis dikirimkan ke alamat email yang ditentukan.
Dari sisi kebaikan program keylogger semacam ini, mungkin saja dimanfaatkan dalam rangka mengontrol dan mengawasi penggunaan komputer, seperti untuk orang tua terhadap putra-putrinya, para pendidik terhadap anak didiknya, atau pemilik perusahaan terhadap karywan-karyawannya dalam hal penggunaan komputer. Tentu saja, software semacam ini pun akan mudah disalahgunakan untuk keperluan iseng maupun untuk tujuan tidak baik.
Untuk mendapatkann keylogger ini anda bisa mendownloadnya di www.pcpandora.com
Perlu diketahui pula, ada kemungkinan file setup PC Pandora akan diidentifikasi oleh program antivirus atau antispyware sebagai spyware. Untuk Symantec Antivirus misalnya, akan mendeteksinya sebagai spyware.PCPadora. Hal ini umum terjadi pada berbagai antivirus terhadap software keylogger karena dalam penggunaannya umum digunakan untuk memata-matai. Untuk melakukan instalasi, Anda dapat menonaktifkan antivirus terlebih dahulu atau memasukan PC Pandora dalam pengecualian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar